Thursday, February 3, 2011

Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor (versi 1)

Saya ingin berbagi sedikit tips dan trik untuk berkendara menggunakan sepeda motor.
Iya saya pilih topik ini, karena untuk bacaan kawan semua, yang suka naik motor di jalan.
Mungkin akan ada beberapa pembahasan mengenai tips dan triknya, yang akan saya jadikan satu di setiap episodenya nanti.

Mungkin langsung kita mulai dari sini, dan untuk pertama ini saya akan menjelasakan tentang:
  • Merawat Cat Motor Tetap Kinclong
  • Biar Aki Motor Gak Cepat Jadi Aki-Aki
  • Trik Isi BBM Agar Kantong Tidak Bolong
  • MASKER teman setia para BIKER
  • Pilah Pilih Bahan Bakar yang Pas
Nah diatas list yang akan saya bahas pada versi pertamax ini.


-Merawat Cat Motor Tetap Kinclong
Penampilan itu memang nomor satu dan pastinya hal tersebut juga berlaku untuk motor kita dong.. Walaupun motor kamu orisinil (gak dimodif macem-macem), penampilan motor kamu juga bisa tetap menarik loh asalkan tau bagaimana cara merawatnya, terutama bagian catnya. Berikut adalah tips bagaimana cara merawat cat motor agar tetap kinclong dan menarik lebih lama..

1. Rusaknya cat pada motor biasa diakibatkan karena proses pencucian motor yang kurang baik, seperti penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau detergent dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain, sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa merusak cat motor. Selain itu, sabun colek atau detergent sulit larut dalam air, sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada permukaan cat. Selalu gunakan shampoo motor ketika mencuci motor, karena zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna cat.

2. Proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor kamu menjadi rusak, karena bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu sehabis mencuci motor pastikan kamu mengeringkan motor kamu sampai ke bagian celah-celah motor, dan selalu gunakan chamois/kanebo yang bersih untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak gores dan kering dengan sempurna.

3. Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, karena terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor kamu menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara menutupi motor menggunakan sarung motor atau terpal khusus bila sedang parkir di area terbuka dalam waktu yang cukup lama.

4. Janganlah terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor, karena bila terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor kamu akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.

5. Pemasangan stiker motor yang berlebihan sebenarnya juga kurang baik untuk cat motor kita. Ketika stiker tersebut dicopot atau terlepas, lapisan pelindung cat pada body motor akan ikut terlepas dan bekasnya akan jelas terlihat pada body motor kita. Walaupun bekasnya kecil tapi kalau banyak, kan gak enak juga dilihatnya.


-Biar Aki Motor Gak Cepat Jadi Aki-Aki
Aki terdiri dari dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Aki merupakan salah satu elemen penting di motor karena menjadi sumber energi listrik. Khususnya pada motor yang menggunakan electric starter, pastinya kamu akan kewalahan bila aki sedang bermasalah. Nah ada beberapa trik sederhana yang sebaiknya kamu lakukan supaya usia aki lebih lama, naik motor pun jadi nyaman;
1. Perhatikan ketinggian air aki, pastikan air aki selalu di atas garis low level, bila kurang segera tambahkan usahakan jangan sampai air aki benar-benar kosong. Jika tidak hal tersebut dapat mengurangi umur pemakaian aki tersebut.

2. Selesai berkendara, matikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan motor agar beban aki tidak terlalu besar ketika motor dinyalakan kembali.

3. Sesekali bersihkan bagian isi aki dengan cara mengurasnya dengan air hangat. Setelah dikuras keringkan aki sebelum diisi air aki, kemudian cas selama 2 jam.

4. Untuk aki kering tidak terlalu banyak perawatannya, yang penting lepas saja kabel negatif pada aki jika motor tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama.



-Trik Isi BBM Agar Kantong Tidak Bolong
Situasi lalu lintas di Jakarta yang makin semrawut dan kemacetan terjadi di hampir semua ruas jalan harus disikapi dengan langkah-langkah strategis agar kantong tak cepat bolong gara-gara harus sering mampir ke SPBU. Apalagi harga BBM yang cenderung terus naik, jika tak intar-pintar melakukan penghematan, anggaran bulanan akan habis hanya untuk membeli BBM, sementara keperluan lain terabaikan.

Berikut ini ada beberapa trik yang mungkin berguna untuk memperpanjang jarak tempuh kendaraan Anda alias berhemat BBM:

1. Biasakan mengisi BBM pada pagi hari ketika suhu di tanah masih dingin. Kenapa begitu? Ini karena SPBU memiliki tangki penyimpanan BBM di dalam tanah, sehingga lebih dingin suhu di tanah akan membuat BBM lebih kental atau lebih pekat. Dan ketika suhu mulai meningkat, kekentalan itu mulai berkurang, sehingga ketika kita mengisi di siang hari, belum pasti angka yang tertera di pompa sama persis dengan jumlah BBM yang masuk ke tangki mobil. Hal ini disebabkan karena tangki di SPBU tidak memiliki kompensasi suhu di pompa BBM untuk menyesuaikan dengan gravitasi dan suhu BBM. Jadi setiap derajat suhu udara memiliki pengaruh besar dalam total penelaran Anda untuk BBM.

2.Minta kepada petugas SPBU untuk tidak menekan keran BBM untuk posisi paling cepat, tapi lebih baik mengisi tangki perlahan. Pengisian cepat hanya akan memicu terjadinya penguapan ketika BBM terpompa dari tangki penyimpanan. Lebih bagus mengisi tangki mobil dengan perlahan karena cairan BBM tidak akan menguap. Padahal uap dari BBM itu akan kembali masuk ke tangki penyimpanan BBM milik SPBU, sementara BBM yang masuk ke tangki mobil sudah berkurang.

3. Salah satu tips terpenting adalah jangan biasa mengisi BBM setelah tangki kosong. Sebaiknya saat BBM di tangki mobil sudah tingal separuh, segera ditambah. Ini untuk mencegah agar udara tidak masuk ke dalam tangki. Jika sampai banyak udara masuk ke dalam tangki, penguapan BBM akan lebih cepat, sehingga yang terjadi BBM akan cepat habis menguap sia-sia.

4. Jika melihat di SPBU sedang dilakukan pengisian pada tangki penyimpanan, sebaiknya Anda tak usah berhenti untuk mengisi BBM. Kenapa? Pada saat pengisian BBM baru di tangki penyimpanan, terjadi perputaran di dalam tangki sehingga kotoran di dasar tangki terangkat. Jika memaksa untuk mengisi BBM karena tangki mobil Anda sudah kosong, BBM yang masuk ke dalam tangki mobil Anda pasti bercampur kotoran. BBM bercampur kotoran ini akan membuat kinerja mesin mobil Anda tak optimal, belum lagi jika kotoan menyumbat nosel, pasti kocek harus dirogoh lagi untuk membersihkannya.

Nah, jika tips ini dilaksanakan, besar kemungkinan jarak tempuh sepeda motor Anda lebih panjang. Itu artinya, kantong Anda tak cepat jebol.


-MASKER teman setia para BIKER
Udara kotor dan debu merupakan hal yang setiap hari dihadapi para pengendara motor. Maka dari itu, menggunakan masker sangat penting waktu berkendara. Bagaimana dan seperti apa masker yang layak digunakan? Nih tipsnya;

1. Masker harus memiliki busa/sponge yang cukup tebal pada bagian dalamnya yang berfungsi sebagai filter terhadap udara kotor dan debu.

2. Bagian pengikat masker harus kuat, bukan diikat seperti tali agar posisi masker tidak berubah-ubah ketika dipakai saat berkendara.

3. Jangan mengunakan saputangan/slayer, selain tidak memiliki pengikat yang baik, saputangan/slayer tidak cukup ampuh dalam menyaring udara kotor dan debu.

4. Jika helm yang kamu pakai adalah helm halfface, kamu bisa mengunakan masker COMBAT (masker khusus berkendara yang memiliki sistem saluran udara terpisah antara udara yang masuk dengan udara yang keluar, masker ini juga memiliki filter khusus yang bisa diganti ulang).

5. Cuci masker secara berkala dengan air sabun, untuk menghilangkan kotoran dan debu yang tersaring.

6. Perhatikan kondisi masker, jika sudah tidak layak pakai sebaiknya segera ganti dengan yang baru.


-Pilah Pilih Bahan Bakar yang Pas
Bingung milih jenis bensin apa yang cocok buat motor kamu? Ada baiknya kamu tahu dulu beberapa hal ini:
1. Penggunaan bahan bakar atau bensin untuk motor kita haruslah disesuaikan antara ratio kompresi (compression ratio) pada kendaraan, dengan kandungan nilai oktan pada bensin yang kita gunakan. Mesin yang berkompresi tinggi memerlukan bensin dengan kandungan nilai oktan yang tinggi pula (namun tidak melebihi nilai ratio kompresi).

2. Informasi mengenai ratio kompresi (compression ratio) pada motor bisa kita lihat di brosur kendaraan pada bagian spesifikasi mesin (vehicle specifications) ketika kita membeli motor. Untuk bahan bakarnya, nilai kandungan oktan untuk bensin pertamax adalah 92, sedangkan nilai kandungan oktan pada premium lebih rendah yaitu 88.


  • Nah berikut ini ada info akibat penggunaan bahan bakar yang tidak disesuaikan dengan ratio kompresi mesin.
  • Terlalu rendahnya oktan pada bahan bakar membuat pengunaan bahan bakar menjadi lebih boros.
  • Terlalu tingginya oktan pada bahan bakar membuat gagalnya pembakaran, sehingga bahan bakar yang mengendap dapat menimbulkan kerak pada ruang pembakaran.
  • Dapat menyebabkan rusaknya ring piston pada mesin motor (retak atau patah).
  • Berkurangnya tenaga pacu motor yang dihasilkan oleh mesin.

Blog Archive