Sunday, February 13, 2011

Microsoft Maren, cara mudah menulis Arab

Apa yang biasa kita lakukan untuk menulis tulisan Bahasa Arab dengan komputer? Setelah melihat-lihat kebiasaan pengguna di Pondok Pesantren Daar el-Qolam, baik guru maupun santri, maka aku simpulkan ada dua hal yang mereka lakukan: 1) Menghafal padanan huruf Arab dalam keyboard Latin dan 2) Menggunakan On-Screen Keyboard (OSK). Sebenarnya ada metode ketiga yang bisa kita gunakan, yakni dengan cara menggunakan program transliterasi. Perkenalkan Microsoft Maren, sebuah program kecil buatan Microsoft Mesir dan Timur Tengah (EMEA) yang mengizinkan kita untuk menulis dalam tulisan Arab.

Program Microsoft Maren mampu menerjemahkan tulisan dalam Latin Arab (atau yang lazim disebut dengan Arabish). Dengan menggunakan Microsoft Maren, kita bisa saja menggunakan keyboard Latin untuk untuk selanjutnya dikonversikan ke dalam tulisan dalam Bahasa Arab. Penggunaannya cukup mudah, karena kita cukup mengetikkan beberapa huruf dan Microsoft Maren akan menyuguhkan padanan katanya. Untuk beberapa huruf Arabish, Wikipedia menawarkan sedikit pedoman untuk selanjutnya digunakan (lihat bawah).

Program Microsoft Maren dikembangkan setelah Google mengembangkan program Ta3reeb, oleh Microsoft Innovation Lab in Cairo (CMIC). Berbeda dengan Google Ta3reeb yang bersifat online (harus terhubung ke Internet), Microsoft Maren langsung terintegrasi dengan Windows dengan menginstalasikan sebuah IME (Input Method Editor) dalam keyboard dengan Bahasa Arab di dalamnya. Belakangan Google juga menawarkan IME untuk bisa digunakan secara offline.


Sebenarnya saya sudah tahu program ini dan mengunduhnya sejak bulan September 2010 yang lalu, tapi urung menggunakannya karena, jujur saja, saya jarang menggunakan tulisan Arab dalam mengetik. Entah kenapa, baru sekarang saya menggunakannya.

nih contohnya


Pedoman huruf Arabish (dari Wikipedia)

Blog Archive