Wednesday, January 12, 2011

Kelinci Hias




Asal-Usul Kelinci
Kelinci liar sudah ada sejak zaman dahulu, manusia primitif menggunakan kelinci sebagai hewan buruan utama untuk memenuhi kebutuhan akan makanan sehari-hari. Pada masa itu kelinci liar populasinya banyak dan mudah ditemui untuk diburu. Namun asal-usul dan penyebaran kelinci belum diketahui secara pasti.
Pada awalnya hewan ini digolongkan ke dalam ordo Rodensia dan populasinya tersebar di daratan Afrika dan daratan Eropa. Seiring perkembangan jalur-jalur perpindahan manusia, kelinci menyebar dan dapat ditemui di seluruh dunia.
Pada perkembangan selanjutnya kelinci digolongkan ke dalam ordo Lagomorpha yang terbagi dalam dua Familia yaitu, Ochtonidae (jenis Pika) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu)
Pika adalah hewan kecil pengerat hidup di daerah beriklim dingin yang rupanya mirip dengan kelinci. Badannya pendek dengan panjang tubuh hanya 15 cm. Pika tidak berekor. Telinganya pendek, dan berat tubuhnya sekitar 140gram. Hewan ini lebih banyak berjingkat, daripada melompat. Selain itu, pika juga pandai bersiul.
Secara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci bebas adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).
Kelinci peliharaan merupakan jenis kelinci yang telah melalui proses penjinakan dan seleksi oleh manusia melalui penyilangan dari kelinci-kelinci yang sudah ada sebelumnya, sehingga terciptalah berbagai ragam jenis kelinci peliharaan atau kelinci hias seperti yang ada saat ini.


RAS KELINCI TERNAK
Ada banyak ras dan variates kelinci di dunia. Namun berdasarkan bobotnya, kelinci unggul dibedakan berdasarkan berat badannya setelah dewasa. Ras tersebut dibedakan menjadi tiga tipe, yakni kecil (small and dwarf), sedang (medium), dan berat (giant).

Golongan Small and dwarf
Kelinci yang tergolong small and dwarf bobot tubuh 0,9-4 kg. Jenis kelinci yang termasuk kelompok ini diantaranya


netherland dwarf 



Dwarf hotot





Golongan Medium
Memiliki bobot tubuh 4-6kg. Jenis kelinci diantaranya
yang berasal dari amerika


silver fox

carolina

california

yang berasal dari Jerman


chechekred

champagne d'argent

chinchilla

new zealand

rex

tan

havana

rhinelander

Golongan giant
Memiliki bobot 5-8 kg dan yang termasuk golongan giant diantaranya

flemish giant







chinchilla besar

Blog Archive